Koramil 04/Pecangan Bantu Program Jambanisasi

isjnews.com - Perilaku hidup sehat harus dimulai dari hal – hal yang kecil dan lingkungan rumah tangga. Salah satunya kebiasaan masyarakat yang kurang baik adalah membuang hajat di aliran sungai. Kebiasaan BAB disungai khususnya dipedesaan masih ada sebagian masyarakat melakukannya. Hal ini disebabkan karena banyak factor salah satunya adalah factor ekonomi dan kebiasaan yang telah dilakukan sejak dulu kala serta masalah pengetahuan akan kesehatan masih kurang.

Untuk membantu mengatasi hal tersebut kodim 0719/Jepara melaksanakan program jambanisasi. Program tersebut disebar ke tiap koramil jajaran Kodim 0719/Jepara. Seperti yang dilaksanakan di Koramil 04/Pecangan memberikan bantuan pembuatan jamban di Desa Troso Kecamatan Pecangan sebanyak 36 buah kloset yang diberikan kepada Petinggi Troso bapak Abdul Basir dan nantinya diberikan kepada warga Desa Troso yang sangat membutuhkan Jambanisasi. (12/04).

Danramil 04/Pecangan Kapten Inf Mashudi menyampaikan bahwa buang hajat di sungai untuk saat ini sudah tidak jamannya lagi. Disamping dilihat tidak baik, buang hajat disungai berdampak penyakit yang paling sering terjadi akibat buang air besar sembarangan ke sungai adalah Escherichia coli. Itu merupakan penyakit yang membuat orang terkena diare. Setelah itu bisa menjadi dehidrasi, lalu karena kondisi tubuh turun maka masuklah penyakit-penyakit lain.

Program jambanisasi merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dahulu TNI dibantu rakyat dalam menghalau penjajah, sekarang saat sudah merdeka TNI membantu kesulitan rakyat. Segala permasalahan rakyat TNI dengan senang hati akan membantu semaksimal mungkin demi kesejahteraan bersama. Contohnya saat ini adalah dengan membantu masyarakat agar bisa berprilaku hidup bersih melalui jambanisasi.


Sementara Petinggi Desa Troso Bapak Abdul Basir Sangat berterima kasih dari Jajaran TNI AD yang melalui Kodim Jepara dan diteruskan oleh Koramil 04/Pecangan yang telah memberikan bantuan Kloset sebanyak 36 buah nantinya dapat digunakan untuk jambanissai warga kami sehingga pola hidup sehat dapat terwujud di wilayah desa Troso.

sumber : kodimjepara

Related

Pendidikan 6420188090645069140

Post a Comment

emo-but-icon

FANDPAGE FB ISJ

GUDANG PRINTING AND CLOTHING



Recent

Info Populer

Comments

APP ANDROID ISJ

ISJ RELIGI

item