Dirgahayu Polisi Wanita Indonesia Ke-68

isjnews.com – Hari ini, Kamis (01-09-2016), Polisi Wanita Indonesia (Polwan) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68.

Dilansir Wikipedia, Polwan lahir pada 1 September 1948.
Berawal dari Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, tatkala Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) menghadapi Agresi Militer Belanda II, terjadi pengungsian besar-besaran. Pria, wanita, dan anak-anak meninggalkan rumah mereka untuk menjauhi titik-titik peperangan.
Untuk mencegah terjadinya penyusupan, para pengungsi harus diperiksa oleh polisi, namun para pengungsi wanita tidak mau diperiksa apalagi digeledah secara fisik oleh polisi pria.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Indonesia menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) Bukittinggi untuk membuka Pendidikan Inspektur Polisi bagi kaum wanita.
Setelah melalui seleksi, terpilih lah enam orang gadis remaja yang kesemuanya berdarah Minangkabau dan juga berasal dari Ranah Minang, yakni Mariana Saanin Mufti, Nelly Pauna Situmorang, Rosmalina Pramono, Dahniar Sukotjo, Djasmainar Husein, dan Rosnalia Taher.
Ke enam gadis remaja tersebut secara resmi pada 1 September 1948 mulai mengikuti Pendidikan Inspektur Polisi di SPN Bukittinggi. Sejak saat itu dinyatakan lahirlah Polisi Wanita atau Polwan.
Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin SIK MH beserta Staf dan Bhayangkari mengucapkan : 
Selamat Hari Polwan Ke-68, Jaya dan Majulah Polwan Indonesia…! tribatanewsjepara

Related

Berita 4511130163081481959

Post a Comment

emo-but-icon

FANDPAGE FB ISJ

GUDANG PRINTING AND CLOTHING



Recent

Info Populer

Comments

APP ANDROID ISJ

ISJ RELIGI

item